Pages

Selamat datang di BlogRijal.. Hanya ingin share coret-coretan ku yang bukan sekedar coret-coretan.. Saling berbagi inspirasi dan motivasi.. Semoga bermanfaat.. :)



08 August 2009

Orang2 yang dihormati..

Ada beberapa hal yang membuat seseorang dihormati, yaitu karena hartanya, kekuasaannya, dan ilmunya. Orang yang dihormati karena kekayaannya hanya akan dihormati selama ia masih berharta. Bila ia sudah tak berharta, miskin, dan melarat, maka orang2 akan menjauhinya atau bahkan menghinakannya. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang yang menghormatinya adalah sekelompok penjilat yang hanya ingin ikut menikmati kekayaannya.

Sedangkan orang yang dihormati karena jabatannya, akan dihormati hanya selama ia masih berkuasa. Bila ia sudah tidak lagi berkuasa, maka hilanglah juga segala kebesaran yang ia miliki. Ia akan dicampakkan dan diacuhkan oleh masyarakat. Apalagi selama ia berkuasa justru lebih sering membuat rakyatnya menderita dengan berlaku seenaknya.

Namun orang yang dihormati karena ilmunya, akan senantiasa dihormati dan dipuji2 bahkan ketika orang berilmu itu sudah tidak ada. Karena ilmu yang ia ajarkan masih tersimpan baik dalam hati dan diamalkan oleh para murid2nya atau orang yang belajar darinya. Ia akan tetap hidup walau sejatinya jasadnya telah berpulang kepada Rabbnya. Ia akan tetap dikenang oleh orang2 yang tulus tanpa pamrih menghormatinya, bukan karena hartanya atau jabatannya, tapi karena ilmu dan jasanya yang bermanfaat bagi orang2 di sekitarnya.

Maka jadilah orang yang berilmu yang senantiasa berusaha untuk mengamalkan serta mengajarkan ilmu yang telah kita dapat. Sampaikanlah kebaikan walaupun hanya sedikit. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Balighu anni walau ayah (Sampaikan dariku walau hanya satu ayat).”
(The Inspiring Light)

0 komentar:

Post a Comment