Pages

Selamat datang di BlogRijal.. Hanya ingin share coret-coretan ku yang bukan sekedar coret-coretan.. Saling berbagi inspirasi dan motivasi.. Semoga bermanfaat.. :)



02 February 2012

The Special Yellow

Alhamdulillah.. setelah lamaaa ga ngblog, akhirnya kita berjumpa lagi.. you know guys?? gw lagi terinspirasi banget ama yang namanya…. (jengjet jengjet) …… KUNING.

Why Yellow?

Mengapa kuning begitu menginspirasiku?? Mau tau mau tau? Tunggu setelah pesan2 berikut ini.. jama’ah oh jama’ah.. (kayak ust. Nur Maulana aja hehe :D)

Pasti kalian udah tau kan yang namanya KUNING.. yupz kuning adalah sebuah warna. (iya emang warna, truz apa special nya?) buat yang laen mungkin biasa2 aja. Tapi buat yellow lover, kayak gw nii. Kuning itu spesiaaall banget. Kalo martabak itu telor nya udah berkilo2.. hehe :D

Ok lanjut, pada kesempatan kali ini gw akan ngbahas hal2 menarik dari warna kuning, yang telah membuat gw bgitu terinspirasi. Cekidot.. ;)

Yang pertama..

Kuning itu merupakan salah satu warna primer. Yup seperti yang kita ketahui, kalo warna primer itu ada 3, yaitu merah, kuning, dan biru. Atau kalo dalam istilah percetakan ada istilah yang namanya CMYK. Ada yang tau kepanjangan CMYK? (Ayoo yg tau tunjuk tangan?? :D) CMYK adalah Cyan Magenta Yellow Key. Yaitu warna2 inti pada dunia percetakan, dan inilah alasannya kenapa kita menemukan kalo di printer2 itu isi tintanya yg color (dibaca: kaleur ya :D) ada merah (magenta), biru (cyan), dan kuning (yellow). Dan dari ketiga warna inti inilah akan terbentuk berjuta2 warna yang ada di muka bumi ini.

Nah apa yang menarik dari warna kuning?

Karena warna kuning termasuk warna primer, yang berarti dari warna kuning inilah akan terbentuk warna-warna indah lainnya, seperti hijau saat ketemu biru, dan oranye saat ketemu merah. Yup dialah salah satu sumber warna-warna indah itu.

Selain itu, kalau kalian perhatikan dari ketiga warna primer itu: Cyan itu mewakili biru, lho bukannya biru itu blue ya? Terus Magenta itu mewakili merah, lah bukannya merah itu red ya? Itu adalah level atau tingkatan2 dari warna biru dan merah. Nah yang menarik, apa bahasa inggrisnya Kuning? Yes, YELLOW. Kuning tetap Yellow kan? Tiada yang dapat menggantikan yellow. Yellow is yellow. Yellow itu ya kuning. Karena kuning itu special, maka tiada yg dapat menggantikannya.

Lanjut yang kedua,

Kuning itu melambangkan sesuatu yang terang, cerah, ceria, hangat, dan menyenangkan. Optimis, riang, tanpa beban.

Inget dulu waktu kecil kalau kita menggambar matahari, cahaya, lampu, kita menggunakan warna kuning atau utk yg lebih ng’jreng’ warna oranye. Yap kuning adalah warna yg mewakili cahaya. Gambar tanpa warna kuning akan terasa gelap, suram, kelabu. Warna kuning akan memberikan sentuhan ceria pada gambar. Menerangi objek-objek yang lain. Seperti halnya matahari, bintang, lampu yang selalu memberikan cahaya bagi sekelilingnya, memberikan hal positif. Kalau kita maen PVZ, tau donk game yg sempet ngtren coz lucu bgt karakter2nya, yup Plants Vs Zombies.. nah disitu kan kita harus mengumpulkan cahaya2 yg kita dapat dari matahari atau dari bunga matahari, dan lagi2 itu berwarna.. kuning. Biasanya kalau kita melihat emoticon smile, senyum, pasti warnanya kuning. Bener kan?

Yang ketiga,


Setelah kita ngebahas “yellow” di dunia perprint-an dan pergambar-an. Sekarang kita akan ngebahas dunia permonitor-an, atau bahasa kerennya display. Di dunia display nih kita ketemu yang namanya monitor, TV, LCD maupun LED, dan kawan2nya. Nah system warna pada display itu terdiri dari Red Green Blue, atau yang sering disebut RGB. Ini bisa kita lihat pada menu settingan di Monitor atau Televisi kita, dan juga pada saat editing gambar, photoshop salah satunya, ada menu RGB ini.
Tapi ternyata eh ternyata, kombinasi ketiga warna tersebut masih kurang alias belum lengkap karena apa hayo? Karena ga ada warna kuning? Iya kemana kuning? Ga lengkap kan jadinya. Beberapa waktu yang lalu muncul iklan di tipi iklan tipi (nahloh tipi ngiklanin tipi hehe :D), sebuah inovasi baru dunia pertipi-an. Jadi ada sebuah brand, sebutin ga yah? Yaa sebutin aja deh, siapa tau dapet komisi (*ngarep), yap si Sharp dengan teknologi Quattron. Jadi system warna pada display nya bukan 3, tapi 4 yaitu RGB+Y (Yellow). Lalu apa kelebihan dari TV ini? Berikut dikutip dari websitenya:

Dengan adanya warna kuning maka gambar yang muncul akan lebih vivid atau cerah. Membuat gambar jadi lebih hidup. Kalo kata iklan laen, bikin hidup lebih hidup.

Nah dengan warna kuning gambar jadi lebih cerah, tapi ga ngabisin power atau daya TV yang besar, alias hemat energy. Seperti kata-kata di atas, “So yellow is the best colour to make pictures brighter with less power”.

Yup, dengan kuning maka gambar akan terlihat lebih baik dan lebih halus, karena sub-pixels nya pun makin banyak, yang artinya gambar akan lebih tajam. (tapi ga setajam silet lho.. hhehe :D)

Nah, begitu menginspirasi kan kuning? Sampai2 teknologinya pun saat diaplikasikan jadi sangat canggih.

So, not enough Red Green Blue, with Yellow is better.

(Sekali lagi ini bukan promosi, tapi kalau ada yang ngasih komisi juga ga nolak.. haha :D)

Yang keempat,

Kuning adalah warna kehormatan, sangat berharga. Karena warna kuning melambangkan logam mulia, yang dari dulu sampai sekarang pun masih sangat berharga, yaitu emas. Di dataran Cina sana, kuning dipakai untuk melambangkan kerajaan, bahkan raja legenda pertama mereke digelarkan Raja Kuning atau “Huang Di”. Kini, warna kuning dikaitkan dengan kemakmuran di negara China. Kalau di negeri kita nih, ada yang namanya nasi kuning, untuk syukuran atau mensyukuri nikmat dari Sang Pencipta, nasi tumpeng pun biasanya warna kuning. Ya kan?


Yang kelima,

Warna kuning membawa rasa aman dan tenteram. Koq bisa? Iya karena kalau kita jalan-jalan di jalanan nii (iya lah kalo di air namanya berenang.. :D), untuk menimbulkan rasa aman beberapa objek di jalan dicat warna kuning. Seperti trotoar dan pembatas jalan, marka jalan, police line, dan lain lain. Agak maksain sih tapi ya begitulah pokonya. Kalau ada kuning aman tenteram aja rasanya.

Selain itu, masih banyak lagi hal-hal unik dari warna kuning. Seperti, kita tau yang namanya yellow pages kan? Yellow bukan warna laen. Terus ada kuningan, sejenis logam atau nama wilayah juga di Indonesia, belum denger merahan, biruan, ijoan. Hehe :D

Yap itulah2 beberapa hal yang membuat gw begitu terinspirasi oleh warna kuning. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Especially thanks to my beauty yellow, udah jadi inspirasi dan motivasi dalam hidupku. And this post is special for you. Wish you will always be my yellow.

Senantiasa membawa keceriaan dan kebahagiaan dalam hidupku. Senyum dan semangat darimu yang selalu kutunggu.

Wish Allah swt always bless us with His loving care.. amiiin..


Reference:


- Wikipedia.org
- Aquos-world.com
- pictures: themayfly.com; webriti.com

0 komentar:

Post a Comment